BERANDA │ TAUHID │MU’AMALAH │WIRID & DOA │JUAL BELI │HAJI KISAH NYATA

Islam Community Belajar Berfikir Beramal dan Bekerja Sesuai Syari'at Islam

histats

visitor

asmaul-husna

Kamis, 27 Januari 2011

AMALAN APA YANG DAPAT MENDATANGKAN/ MEMUDAHKAN REJEKI?

AMALAN APA YANG DAPAT MENDATANGKAN/ MEMUDAHKAN  REJEKI?

  1. Amalan apa yang dapat mendatangkan rejeki? Salah satu amalan yang dapat kamu lakukan untuk mendatangkan rejeki yang halal dari Allah tanpa harus repot mencarinya, yaitu : gunakan seluruh waktumu ‘hanya’ untuk beribadah kepada Allah, pasti rejekimu dijamin oeh Allah dan kamu tidak akan merasa sedih dengan apa apa yang telah lepas darimu serta kamu tidak akan merasa susah terhadap apa yang akan terjadi pada dirimu. Ini mah…susah kang…hehehe..kata teman saya yang dari bogor, saya jawab ‘ya enggak lah fren, asal kita yakin aja,’ yah yakin itu yang susehnye bukan main, tapi kalau kamu mau, kamu bisa bercermin pada ulama’ ulama’ kita, yang kerjaannya cuma mengaji, dan mengajar. Iya, aneh juga ya kang?....ini ada ungkapan dari sahabat saya yang dapat saya kategorikan sebagai kiyai ‘anyaran’ (dalam bahasa saya artinya kurang lebih adalah orang yang baru/ pemula, menekuni bidang agama semata, dia tidak juga bekerja menjadi karyawan di sebuah pabrik, bukan pula bekerja sebagai tukang sayur, pun bukan manager PT. bla bla bla, tapi kerjaannya setiap hari ‘cuma’ belajar + mengaji + mengajar ilmu agama (kerja ihlas, bayaran sukarela), tapi die-nya sekarang udah punya yayasan sekolah madrasah, punya toserba (toko serba gak ada, hihihi….Cuma becanda aja fren) dan punya banyak murid serta bisa menyantuni anak-anak yatim, wow..!!! wonderful..!!...dan lagi, ia sudah bisa menunaikan ibadah haji, weleh weleh weleh….dari mana itu duit? saya tahu persis sepak terjangnya selama ia menjadi sahabat saya mulai mudanya, lantas saya bertanya apa rahasianya kamu bisa seperti ini??? Jawabannya sedikit tapi sampai sekarang masih terus membekas di telingaku : “jika kamu hendak meraih sesuatu raihlah urusan yang besarnya saja, nanti yang kecil-2 akan ikut dengan sendirinya”, maksudnya? “jika kamu menghendaki kebahagiaan dunia dan akhirat, pilih lah akhiratnya saja dunianya pasti ikut diperoleh!”, maksudnya apa? Tanya saya lagi: bukankah kita diperintah juga mencari dunia? Jawabnya kali ini mengena : “sekarang aku tanya kamu (tanya dia kepadaku), kalau kamu membeli sebuah sepeda motor, biasanya apa yang kamu dapatkan? Ya sepeda motornya itu sendiri, plus helm, plus jaket, plus layanan pengurusan STNK, dan lain lain, betul kan? Nah! Sekarang saya balik, seandainya kamu beli Helm, apa kamu dapat sepeda motor? He he he ……” katanya sambil tertawa cengengesan. Lagi, jika kamu menanam padi, pasti tumbuh rumput juga kan? Mana ada menanam rumput dapat padi??? Makanya, dari sekarang cari akhirat aja, dunia pasti ikut didapat. Rupanya ini yang membuat Ustadz Yusuf Mansyur, Ustadz Arifin Ilham, ustadz Abdullah Gymnastiar, ustadz jefri dan para kiyai lainnya memilih ‘akhirat sebagai tujuan hidup mereka’ (wah wah wah,,,,,,,buka rahasia nich!! Sorry pak kyai,,,,,,hihihi…) namun tidak apa-apa, justru kalau kita tidak berbagi atas apa yang kita punyai, kita bakalan diancam oleh Allah, lalu mungkin timbul pertanyaan : apa saya juga bisa melakukan seperti itu? Saya tidak langsung menjawab tapi balik bertanya : apa kira kira kamu tahan menghadapi beratnya cobaan yang bakal kamu hadapi, apa kamu sudah siap dicaci maki istri kamu? Gara gara gak bisa kasih uang belanja? Gak bisa bayar sekolah anak, gak bisa bayar listrik, gak bisa bayar air, gak bisa beli jajan anak anak, beli ini beli itu??? Apalagi gak bisa beli rokok eceran Hehehe…emang gampang? Emang gampang!! Asal kamu ada niat yang sungguh-2, memohonlah kepada Allah di saat orang-2 sedang tidur, sebab di saat malam yang hening, sekitar jam 2 malam, sinyal HP bagus banget tul gak? Eh maksudku saat itu saat paling ni’mat ‘berbicara’ dengan Allah. Udah enggak perlu diperpanjang lagi, cobain entar malam ya,,,tidur jam 9 siapkan alarm, beritahu mama papa kamu agar dibangunkan jam 2 malam (eh…mama papanya malah ketiduran ampe jam 6 pagi, hihihi..) bangun > ke kamar mandi >  berwudlu dengan wudlu yang memenuhi rukun-2nya > pakai sarung/ mukenah > pakai pakaian yang terbaik sebagaimana kamu mau menghadap kekasih kamu > lalu niatkan mendirikan sholat tahajjud untuk ‘berbicara’ kepada Allah (jangan asal sholat)….bismillah, Allahu akbar!!!
  2. Amalan yang dapat mendatangkan rejeki yang ke dua ialah dengan Bersedekah, memberikan sesuatu yang membuat orang lain senang, baik orang itu meminta maupun tidak memintanya, sedekah bisa berupa apa saja ; (benda fisik semisal duit, makanan, pakaian, roti, dll) juga bisa berupa non fisik semisal : memberi salam kepada orang lain, menyambut kehadiran seseorang dengan senyum, berkata kata sopan dan menyenangkan, memberi nasihat, menolong musafir yang butuh pertolongan, bertasbih, bertasmid, bertakbir dan segala kebajikan lainnya, semua merupakan sedekah. Rasulullah SAW. Bersabda : “berharaplah pada turun rejeki dengan bersedekah”, juga : “sedekah itu tidak akan membuat miskin pelakunya,” juga : “obatilah penyakitmu dengan sedekah,” juga : “sedekah itu mendekatkan diri kepada surga, mendekatkan diri kepada Allah, mendekatkan diri pada manusia, mendekatkan diri pada kebajikan,” juga “sedekah itu mencegah takdir yang buruk”, (emang takdir bisa dirubah? Bisa!! Dengan doa dan amal saleh) dan masih banyak lagi keutamaan-2 sedekah ini. Mungkin kamu punya pikiran begini: nanti aku akan bersedekah kalau sudah punya uang banyak, sudah kaya, sudah sukses, ini anggapan yang keliru!! Justru di saat kamu dalam keadaan miskin lakukan sedekah semampu kamu, Rasulullah SAW. Bersabda dalam salah satu hadits yang artinya: “bersedekah-lah kalian sekalipun dengan sebutir kurma.”
  3. Amalan yang dapat mendatangkan rejeki yang ke tiga yaitu : mendirikan sholat 5 waktu (subuh, dzuhur, asar, maghrib dan Isya’) tepat waktu dan berjama’ah di masjid. Kamu bisa buktikan hal ini, jika kamu bisa lakukan sholat 5 waktu tepat waktu dan berjamaa’ah selama 40 hari tanpa cacat, insya Allah pasti rejekimu dijamin Allah.
  4. Amalan yang dapat mendatangkan rejeki yang ke empat adalah mendirikan Sholat Dluha di pagi hari, sekitar jam 6 s/d 10 AM. Minimal 2 raka’at maksimalnya 12 raka’at, bisa lebih. Adapun doa sesudah sholat sunah Dluha terkandung permohonan rejeki, artinya kurang lebih demikian, : “Ya Allah, hamba bermohon kepadamu, berilah kami rejeki, apabila rejeki itu masih di langit maka turunkanlah ya Allah, dan apabila rejeki itu masih di dalam bumi maka keluarkanlah untuk kami ya Allah, dan apabila rejeki itu jauh maka dekatkanlah kepada kami ya Allah, dan apabila rejeki itu sulit maka mudahkanlah untuk kami, karena Engkau-lah sebaik baik Dzat yang maha pemberi rejeki, kabulkanlah permohonan kami ini ya Allah, amin.
  5. Amalan yang dapat mendatangkan rejeki yang ke lima adalah Istiqamah (rajin setiap hari) membaca surat Yasiin, Ad Dukhan, Ar Rahman, Al Waqi’ah, Al Laili, Wasy  syamsi, AlamNasyroh setiap malam
  6. enam adalah membiasakan dzikir “subhanallahi wabihamdihi Subhanallah al adzim, Astaghfirullah”  sebanyak 100 kali, diwaktu menunggu sholat subuh akan didirikan (antara adzan dan iqamah sholat subuh)
  7. Amalan yang dapat mendatangkan rejeki yang ke tujuh ialah banyak membaca Sholawat atas Nabi Muhammad SAW. Dalam salah satu hadits diriwayatkan bahwa barang siapa yang setiap hari bersholawat atasku 1000 kali maka segala kebutuhannya akan dipenuhi oleh Allah.
  8. Amalan yang dapat mendatangkan rejeki yang ke delapan ialah Banyak membaca Istighfar, minimal 100 X dalam sehari semalam.
9.           Amalan yang dapat mendatangkan rejeki yang kesembilan adalah laksanakan ibadah Haji dengan ihlas, ingat! Ihlas adalah kunci semua urusan ibadah diterima atau tidak. Keutamaan haji ini luar biasa sekali, sudah banyak kisah reality sukses setelah pulang dari melaksanakan ibadah haji. Bahkan ada yang mengatakan ibadah haji ini sebagai ‘penglarisan’ rejeki kamu. Kalau sebagian orang pergi ke gunung kawi untuk mencari penglarisan, kita pergi aja ke Makkah Madinah iya kan? Nah mulai sekarang niatkan melaksanakan ibadah haji, niat aja dulu, tapi jangan cuma niat dalam hati saja, segera realisasikan niat itu dengan melakukan DP / uang muka sebagai ikatan kamu dengan Allah, caranya? Ya beli tiket-lah, buka tabungan haji sekarang juga kalau sudah itu berarti kamu sudah membayar DP/ uang muka. Masuk akan kan?

Oke disini dulu kawan-2 ku yang sudah sudi mampir ke blog ku, lain kali insya Allah saya coba artikel baru, sedikit semoga bermanfaat, bila ada salah itu semata-mata karena kebodohan saya, bila ada benar itu datangnya pasti dari Allah.

Sukses untuk kalian.

Wassalam
AgungIchwanto, tanahsuci, gresik

Tidak ada komentar:

klik aja dapat duit